Menu Close

FOCUS GROUP DISCUSSION VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI PROGRAM STUDI DOKTOR (S3) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Created by potrace 1.15, written by Peter Selinger 2001-2017

Visi merupakan impian bagi setiap pengelola Program Studi untuk dapat diwujudkan secara Nyata. Program Pascasarjana IAIN Salatiga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) Program Studi baru yaitu Program Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam. FGD dilaksanakan pada selama dua hari yakni Senin sampai selasa, 20-21 September 2021 di Hotel Solia Zigna Laweyan Surakarta. FGD dibuka oleh Prof. Dr. Zakiyuddin, M. Ag selaku Rektor IAIN Salatiga, didampingi Prof. Dr. Phil Widiyanto Selaku Direktur Program Pascasarjana IAIN Salatiga, Noor Malihah, Ph.D selaku Wakil Direktur dan Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam.

FGD VMTS ini didahului penjaringan angket VMTS kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal serta berkoordinasi dengan sekretaris Perkumpulan Prodi Pendidikan Agama Islam Indonesia Dr. Marno, M.Ag. Hadir dalam FGD Pengelola Pascasarjana, Pengelola Program Studi dan Narasumber: Prof. Dr. Anik  Ghufron, M.Pd. Guru Besar Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Yogyakarta. Prof.  Dr. H. Baidi, M.Pd. Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta, sebagai calon Pengguna lulusan, mahasiswa S3 diwakili oleh Imam Subqi, M.Si., M.Pd., Sri Sunarjono, PhD Ketua Lembaga Riset dan Inovasi Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai Mitra, Prof. Dr. Muh Saerozi, M.Ag sebagai Wakil Rektor 1 IAIN Salatiga, Prof. Dr. Mansur, M.Ag, Dr. Nursikin, M.SI, Dr. Maslikah, M.Si sebagai wakil dosen S3 PAI IAIN Salatiga, Edi Kuswanto, M.P.d.I dan Lilik Otavianisari, SE sebagai Tenaga Kependidikan.

FGD dilaksanakan didahului presentasi VMTS oleh Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd Ketua Program Studi dan moderator oleh Dr. Nafis Irkhami, M.Ag., M.A. Para pemangku kepentingan memberikan masukan dan perbaikan demi kesempurnaan dan kesesuaian kebutuhan masyarakat luas yang dapat terimplementasi secara nyata. Profil lulusan Doktor PAI adalah menjadi akademisi, peneliti, konsultan dan reviewer yang memiliki integritas, intelektual, dan komitmen terhadap pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Agama Islam yang multidisipliner, memiliki kemampuan penguasaan materi dan metodologi, serta teknologi berwawasan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan, berorientasi pada pemecahan masalah-masalah Pendidikan Agama Islam dan mampu mempublikasikan karya ilmiah di berbagai media ilmiah nasional dan internasional.

Adapun hasil FGD VMTS adalah sebagai berikut:

Visi

Menjadi Program Doktor Unggul dan Transformatif, Berbasis Riset dan Teknologi Dalam Bidang Pendidikan Agama Islam Yang Multidisipliner Berwawasan Nilai-Nilai Keindonesiaan Pada Tahun 2030.

Misi

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran Agama Islam yang multidisipliner berbasis riset dan teknologi untuk menghasilkan tenaga profesional yang komitmen pada nilai-nilai keindonesiaan.
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah untuk pemecahan masalah di bidang Pendidikan Agama Islam dan sintesis keilmuan multidisipliner untuk penguatan nilai-nilai keindonesiaan.
  3. Mengembangkan program pengabdian pada masyarakat berbasis riset untuk mendorong internalisasi ilmu Pendidikan Agama Islam bagi penguatan nilai-nilai keindonesiaan.
  4. Mengembangkan budaya ilmiah sivitas akademika pascasarjana yang mencerminkan nilai-nilai Islam Indonesia.
  5. Menjalin kerjasama dalam pengelolaan program doktor Pendidikan Agama Islam yang profesional dan akuntabel.

Tujuan

  1. Melahirkan tenaga profesional (akademisi, peneliti, konsultan dan reviewer) yang memiliki integritas, intelektual, dan komitmen terhadap pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Agama Islam yang multidisipliner.
  2. Menghasilkan karya ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam Multidisipliner yang terpublikasi berbagai media ilmiah nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat berbasis riset untuk mendorong internalisasi ilmu Pendidikan Agama Islam bagi penguatan nilai-nilai ke-Indonesiaan.
  4. Mewujudkan budaya ilmiah civitas akademika pascasarjana yang mencerminkan nilai-nilai Islam Indonesia.
  5. Mewujudkan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah baik dalam maupun luar negeri dalam pengelolaan program doktor Pendidikan Agama Islam yang profesional dan akuntabel.

Strategi

  1. Menyelenggarakan perkuliahan bidang Pendidikan Agama Islam yang multidisipliner.
  2. Memfasilitasi kegiatan academic writing, metodologi riset dan teknologi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis riset untuk mendorong internalisasi ilmu Pendidikan Agama Islam bagi penguatan nilai-nilai ke-Indonesiaan.
  4. Mengadakan pelatihan, seminar, colloquium, terkait materi Pendidikan Agama Islam
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga – lembaga terkait dalam pengelolaan program doktor Pendidikan Agama Islam yang profesional dan akuntabel.
Created by potrace 1.15, written by Peter Selinger 2001-2017