Visi Misi

Visi Program Studi
Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana nomor Sti.24/DPs/KP.07.6/402/2015 Visi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah Tahun 2030 menjadi program magister dalam pengembangan keilmuan bidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang unggul, transformatif, berbasis riset dan teknologi, serta rujukan bagi pengkajian Islam bernafaskan nilai-nilai Islam keindonesia

Misi Program Studi
Surat Keputusan Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga nomor Sti.24/DPs/KP.07.6/402/2015 misi program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan bermutu dalam pembelajaran PAI yang kontekstual dan transformative di sekolah/ madrasah sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat dan nilai-nilai keindonesiaan;
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah berbasis riset dan teknologi untuk menghasilkan tenaga pendidik PAI yang professional;
  3. Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong terjadinya inovasi dan transformasi dalam pembelajaran PAI.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama/ kemitraan dengan perguruan tinggi, lembaga, dan stakeholders lainya untuk memajukan pendidikan Islam berbasis pada nilai-nilai keindonesiaan.

Tujuan Program Studi
Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga nomor Sti.24/DPs/KP.07.6/402/2015 Tujuan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan Magister di bidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki integritas, keteladanan, dalam beragama, dan profesionalisme pada nilai-nilai keindonesiaan.
  2. Menghasilkan Magister di bidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki kemampuan metodologis dalam pengembangan keilmuan dan praksis berbasis riset dan teknologi serta nilai-nilai keindonesiaan.

Sasaran Program Studi dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran Program S2 Program Studi PAI, PPs IAIN Salatiga adalah:

  1. terselenggaranya kuliah-kuliah yang tertib dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku sehingga mampu mendorong mahasiswa untuk mengembangkan potensi, daya analisis dan daya sintesisnya;
  2. dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu Pendidikan Agama Islam dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah dan keterampilan penerapannya;
  3. dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan menemukan dan memecahkan permasalahan di bidang Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah;
  4. dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacakupan tinjauan, kedalaman kajian, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.

Strategi pencapaian berupa pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pendidikan dilakukan melalui perkuliahan, praktikum laboratorium, praktikum lapangan, dan tugas akhir tesis.

a. Kurikulum
Untuk mengetahui relevansi kurikulum dengan kebutuhan masyarakat maka diadakan peninjauan kurikulum selama 4 tahun sekali dan silabus selama 2 tahun sekali. Hal ini juga ditujukan untuk mengetahui relevansi perkembangan teknologi, perkembangan ilmu dengan kurikulum dan silabus.. (Lampiran tentang peninjauan kurikulum).

b. Perkuliahan
Proses perkuliahan diikuti oleh mahasiswa dalam proses penguasaan teori dan praktik. Pemberlakuan presensi kehadiran dilaksanakan untuk memonitoring keaktifan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

c. Praktikum laboratorium
Praktikum laboratorium merupakan proses pembelajaran mahasiswa dalam penguasaan peralatan laboratorium seperti lab komputer dan sejenisnya.

d. Praktikum lapangan
Praktikum lapangan merupakan upaya lembaga dalam menyiapkan mahasiswa untuk mengelaborasikan teori yang telah diterima dalam bentuk diskusi, maupun penelitian lapangan.

d. Tugas akhir Tesis
Tesis merupakan tugas akhir bagi mahasiswa mahasiswa untuk menunjukkan kompetensi yang dimiliki mahasiswa melalui penulisan sebuah karya ilmiah berdasarkan penelitian lapangan untuk menjawab permasalahan mutakhir.

e. Penyelenggaraan seminar-seminar dan pelatihan
Kegiatan seminar dan pelatihan dilakukan guna menguatkan pengetahuan mahasiswa dalam rangka memecahkan masalah di bidang Pendidikan Agama Islam.