A. Visi
Visi Program studi Magister S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Program Pascasarjana Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga adalah Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan master teacher, dosen dan peneliti profesional di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan memadukan nilai-nilai Islam Indonesia serta mampu mengembangkan teori-teori dan teknologi pembelajaran mutakhir.

B. Misi

  1. Mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran secara inter dan multi disipliner dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Menghasilkan master teacher yang mampu mengelola pendidikan dan pengembangan keilmuan  dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

D. Tujuan

  1. Profesional dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  2. Menguasai wawasan keilmuan dan substansi pembelajaran yang mutakhir yang meliputi 5 (lima) matapelajaran pokok  (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn) pada Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Melakukan penelitian untuk mengembangkan teori dan praktik Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

E. Sasaran dan Strategi Pencapaian
Sasaran Program S2 Program Studi PGMI, PPs IAIN Salatiga adalah:

  1. terselenggaranya kuliah-kuliah yang tertib dan sesuai dengan kurikulum yang berlakusehingga mampu mendorong mahasiswa untuk mengembangkan potensi, daya analisis dan daya sintesisnya;
  2. terselenggaranya perkuliahan yang tertib dan sesuai dengan kurikulum yang berlakusehingga mampu mendorong mahasiswa untuk mengembangkan potensi, daya analisis dan daya sintesisnya;
  3. dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah  dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah dan keterampilan penerapannya;
  4. dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan menemukan dan memecahkan permasalahan di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah;
  5. dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, kedalaman kajian, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.

Strategi pencapaian berupa pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pendidikan dilakukan melalui perkuliahan, praktikum laboratorium, dan tugas akhir tesis.

1. Kurikulum
Kurikulum program studi akan ditinjau setiap empat tahun sekali dan silabus akan ditinjau setiap dua tahun untuk melihat relevansinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum juga mengacu pada kurikulum yang berkembang di luar negeri.

2. Perkuliahan
Perkuliahan diikuti oleh mahasiswa dalam upaya penguasaan teori dan penerapannya pada berbagai kasus mutakhir secara teoritik. Untuk mewujudkan perkuliahan yang tertib, dilaksanakan kegiatan monitoring setiap minggu.

3. Praktikum laboratorium
Praktikum laboratorium dilakukan mahasiswa dalam upaya penguasaan proses atau operasi yang menggunakan peralatan laboratorium seperti komputer dan sejenisnya.

Tugas akhir Tesis 
Tesis merupakan pemberian tugas kepada mahasiswa untuk menunjukkan kompetensi yang dimiliki mahasiswa dengan melakukan penelitian untuk menjawab permasalahan mutakhir.

5. Penyelenggaraan seminar-seminar dan pelatihan
Kegiatan seminar dan pelatihan dilakukan guna melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Pemahaman  visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi oleh seluruh pemangku kepentingan internal (internal stakeholders): sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan serta masyarakat sangat baik