Visi dan Misi

A. Visi, Misi dan Tujuan Program Pascasarjana (Strata Dua)
Visi:
Menjadi program magister dalam pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman yang unggul, transformatif, berbasis riset dan teknologi, serta rujukan bagi pengkajian Islam bernafaskan nilai-nilai keindonesiaan.

Misi:
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam Ilmu-ilmu Keislaman yang unggul, transformatif, dan berbasis riset dan teknologi, untuk menghasilkan tenaga yang profesional dan komitmen pada nilai-nilai keindonesiaan.
b. Mengembangkan penelitian dalam berbagai aspek Ilmu-ilmu Keislaman bagi penguatan nilai-nilai keindonesiaan.
c. Mengembangkan program pengabdian pada masyarakat sehingga mampu mendorong terjadinya inovasi dan transformasi Ilmu-ilmu Keislaman bagi penguatan nilai-nilai keindonesiaan.
d. Mengembangkan budaya masyarakat kampus pascasarjana yang mencerminkan nilai-nilai Islam Indonesia.
e. Menyelenggarakan pengelolaan program pascasarjana yang professional dan akuntabel.

Tujuan:
a. Menghasilkan Magister Ilmu-ilmu Keislaman yang memiliki integritas, keteladanan dalam beragama, keluasan ilmu, profesional serta komitmen pada nilai-nilai keindonesiaan.
b. Menghasilkan Magister Ilmu-ilmu Keislaman yang memiliki kemampuan metodologis dalam pengembangan keilmuan dan praksis berbasis riset dan teknologi serta nilai-nilai keindonesiaan.

Sasaran
Sasaran Program Pascasarjana IAIN Salatiga adalah:
a. Terselenggaranya perkuliahan yang tertib dan sesuai dengan kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) sehingga mampu mendorong mahasiswa untuk mengembangkan potensi, daya analisis dan daya sintesisnya;
b. Dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan Ilmu-ilmu Keislaman, memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah dan keterampilan penerapannya;
c. Dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan menemukan dan memecahkan permasalahan di bidang Ilmu-ilmu Keislaman melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah;